REVIEW MV DBSK BEFORE YOU GO

Standard

Yeah, finally I write this. My best Action MV everafter. Buat saya yang tergila-gila dengan film Action yang mengandung cowo cakep, charming, senjata modern, emosi, mata-mata, Interpol, dan serangkaian adegan tembak-tembakkan, pukul-pukulan, bahkan lompat-lompat dan muter-muter gaje, MV DBSK Before You Go ini bener-bener match buat mata dan hati saya.

Bagi saya, MV ini nyaris sempurna. Saya suka jalan ceritanya, musiknya, settingnya, aktingnya, dan yang lebih penting lagi saya suka pemainnya,🙂 Yunho, Changmin, Choi Jong Yoon dan Go Ara.

check it out

MV nya dimulai dengan Jong Yoon yang nerima telepon entah dari siapa, dia pake topi, sepatu kets belel, pokoknya pakaian santai gitu, dan pergi ke lorong yang sepertinya dia rumah sakit. Terus ada abang Yunho yang sumpah luar biasa keren dengan setelan jas lengkap, sepatu super mencilang, dan sebuket bunga. Anehnya si abang pake kaca mata item di dalam lift yang membawanya ke apartemen Go Ara? What the function of black glassess? Bukannya mereka mau makan malam?

Secuprit adegan dinner romatis dengan lilin dan wine itu cukup bikin saya, dan seantero penggemar leader~ssi jealous. They hold hand each other and talk comfortable ? Hikshiks… tapi mba Go Ara, manis banget, ga papa deh. Aku relain oppa…

Terus move to kantor, ada changmin, Go ara, Yunho, dan Jong Yoon. Kantornya tuh kaya kantor Interpol gitu deh kayaknya. Nama organisasinya itu NDI, ga jelas juga kepanjangannya apa. Waktu mereka take a break dan minum Coffee bareng, Jong Yoon ngangkat telepon dari seseorang, YCG pada bertanya-tanya tuh, kira-kira sipa yang nelpon Jong Yoon, terus alarm bunyi. Setting pindah ke sebuah gedung kaya gudang pabrik yang di dalamnya penuh sama mafia-mafia yang lagi main judi. Terus masuk deh pasukan NDI itu. Ada yang meluncur ala tarzan dari atas atap, ada juga yang dari pintu depan. Sumpah. Aku suka banget akting changmin di sini. Really cool. Really manly.

Nah, mereka berantem tuh, NDI melawan orang-orang di gudang itu. Tapi Jong Yoon nggak ikut. Pas dia datang, yang lain udah selesai berantemnya, lawan sudah berhasil di bekuk. *Maaf ya bang, lain kali jangan telat lagi* kikikikik

Yang menarik adalah MV ini tidak mengisahkan tentang kisah cinta antara dua insan manusia beda jenis. Emang ada cerita cinta antara Yunho dan Go Ara, tapi line ya bukan itu. Line nya adalah kepercayaan, rahasia, dan perjuangan antar sahabat. Yunho, Changmin, dan Jongyoon. Pertama kali melihat MV ini saya terpaku. Kemana arahnya MV ini? Apa pesan yang terkandung di dalamnya? Maksud mereka bikin ini apa?

Dan kesadaran meringsep masuk dalam diri saya. Apakah mereka sengaja membuatnya seperti ini atau ini hanyalah sebuah efek dari industri yang membutuhkan ciri khas tertentu untuk terus bertahan. Bagi saya MV ini tidak menceritakan hubungan antara Changmin, Yunho, dan Jongyoon. MV ini menceritakan tentang LIMA dewa dari timur. Jongyoon hanyalah simbol. Bagi saya, Jongyoon adalah simbol dari JYJ. Jika kalian adalah seorang cassie kalian pasti juga merasakan hal yang sama dengan saya.

Central MV ini adalah pengkhianatan Yongjoon. Tapi itu bukan pengkhianatan murahan yang tanpa alasan. Itu juga tidak bisa di kategorikan pengkhianatan. Karena itu adalah pilihan. Jongyoon harus memilih antara sahabatnya, pekerjaannya, loyalitasnya, ataukah hidup sang adik. Dan dia memilih untuk mempertahankan hidup sang adik. Adik yang dijadikan sandra oleh bos mafia yang menginginkan kebebasan. Yang ingin kasusnya di tutupi. Untuk itu Jongyoon harus mengkhianati sahabatnya sendri. Menodongkan senjata pada sahabatnya sendiri.

Apakah ini menggambarkan bagaimana JYJ ingin mempertahankan kehidupan mereka, hak asasi mereka untuk memilih, dan menjalankan hidup sesuai nurani mereka? Tidak ada yang menjamin JYJ akan tetap berdiri tegak dalam jadwal yang padat dan minim istirahat. Tapi, itulah yang harus dibayarkan atas ketenaran mereka, atau atas modal yang dikeluarkan Company yang menerbitkan dan mengasuh mereka. Mengasuh? Entahlah. Saya tidak ingin menghakimi siapa pun. Bagi saya industri musik Korea terlalu complicated untuk diuraikan dalam kalimat sederhana.

Untuk itu mereka meninggalkan kebersamaan. Mereka memilih jarak di antara tiga dan dua anggota lain. JYJ mungkin sudah lelah dengan semua ketidakadilan yang mereka terima. Tapi Homin masih bertahan. Saya tidak mengerti bagaimana mereka masih memiliki cukup motivasi untuk bertahan. Tapi saya tahu kekuatan Cassie mungkin ikut membantu. Saya juga tidak pernah menyalahkan JYJ yang memisahkan diri. Karena itu hak mereka. Hak mereka untuk hidup.

Mimpi saya sebagai Cassieopea junior tidak diwujudkan dalam MV ini. Jongyoon kehilangan sang adik. Dia menyambut uluran tangan Yunho yang baru menyadari alasan pengkhianatan Jongyoon saat semuanya sudah terlambat. Mereka tidak kembali bersama merajut sebuah hubungan baru. Memperbaiki yang rusak. Tidak dalam MV itu.

Sama seperti Jongyoon yang kehilangan adiknya. JYJ kehilangan kesempatannya untuk mendapatkan hak-haknya bersama SM. Dan JYJ pun menolak untuk kembali bersama SM. Seperti Jongyoon yang menolak uluran tangan Yunho.

Tapi, bolehkah saya berharap? JYJ nyaris tidak mungkin kembali ke SM Ent. Dan bergabung bersama Homin. Tidak. Saya tahu cukup banyak alasan untuk membuatnya tidak terjadi. Tapi masih ada harapan kan? Mereka bernyanyi dalam satu panggung yang sama. Mungkin tidak membawa nama DBSK. Tapi atas nama JYJ dan DBSK homin.

Seorang Cassie sejati tidak perlu melihat atas nama siapa mereka bernyanyi. Seorang cassie sejati tahu, jika mereka bernyanyi dalam satu panggung. Berlima. Tidak perlu MC menyebutkan bahwa mereka berlima adalah DBSK, mereka tahu dalam setiap diri dari lima manusia itu, jiwa DBSK lah menghayati lagu itu. Jiwa DBSK lah yang menguar dan merangkul semua cassie dalam suara lembut powerfull mereka, sebagai sebuah keluarga. Sebagai sahabat yang selalu percaya. Seperti yang DBSK dan Cassie teguhkan selama ini, Always Keep The Faith. Itulah yang membuat saya bertahan dengan harapan ini. Dan saya rasa begitu pula cassie lain di seantero bumi.

6 thoughts on “REVIEW MV DBSK BEFORE YOU GO

  1. huuaaaa,bikin mewek lg lo iget perpisahan itu….
    walaupun termasuk pemula menjadi penggemar DBSK dan JYJ tp aku amat sangat menyayangkan semua itu…..
    aku pengen mereka bersama,jd 1….
    -_-

  2. dubuchick

    author, nih kata-katanya keren banget. 4 jempol deh buat author. oh iya, aku mau nanya nih, lagu pas si Yongjoonnya mau nembak dari gedung tinggi itu judulnya apa ya?? bagus lagunya

Leave a Reply

